Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Rumah Domus

Keberadaan rumah sangatlah penting,dikarenakan menjadi tempat tinggal serta sarana untuk membina keluarga. Tapi, pembangunan konvensional seringkali memakan waktu yang sangat lama dan membuat kalian mengeluarkan biaya bangun rumah yang cukup besar. Dan karena hal itu, hanya sedikit dari masyarakat menengah kebawah yang dapst mampu membanngun rumah sendiri. Tapi untungnya hal diatas telah mendorong lahirnya inovasi yang membuat pembangunan rumah akan menjadi lebih efisien dan terjangkau. Salah satu macamnya adalah rumah instan domus.

Mengenal tentang Rumah Domus

Karena termasuk metode pembangunan baru, rumah domus termasuk hal yang masih awam di telinga masyarakat Indonesia. Dan karena kurangnya informasi dan sosialisasi, mereka pun masih kurang paham mengenai rumah domus ini

Jadi, menurut suatu jurnal arsitektur yang terbit pada Oktober 2018, rumah domus ini adalah sebuah konsep rumah instan. Dan rumah instan domus ini adalah rumah permanen yang dibangun dengan metode non konvensional.

Material yang digunakan untuk pembangunannya adalah material cetak atau prefabrikasi, sehingga dapat memungkinkan proses pembangunan dalam waktu lebih singkat
Maka dari itu, dengan menerapkan metode rumah instan domus ini, rumah dengan type 21 ini dapat dibangun hanya dengan 5 hari serta tipe 29 selama 10 hari. Lalu untuk tipe 36 dan 45 masing-masing dapat dibangun dalam 14 hari dan 21 hari.
Untuk kunci pembangunan dari rumah instan domus ini terletak pada perencanaannya yang matang, material yang tepat sampai teknik yang benar.

Kelebihan Rumah Domus

Beberapa kelebihan atau keunggulan dari rumah instan domus ini adalah, 

  1. Lebih Efisien

Karena perencanaan yang matang, material tepat serta teknik yang benar, membangun rumah menggunakan konsep rumah instan domus dapat lebih efisien.

Efisien disini maksudnya tidak banyak tenaga kerja yang dibutuhkan dikarenakan pembangunannya menggunakan material yang cetak atau prefabrikasi yang membuat pembangunannya akan lebih cepat dari biasanya.

  1. Lebih Fleksibel

Rumah instan domus ini sangat fleksibel dan cocok dibangun pada kawasan perkotaan maupun desa. Rumah ini bahkan tidak memiliki masalah jika didirikan pada kawasan dengan rawan bencana.

  1. Lebih Unggul dari Segi Material

Material
Material pembangunan dari rumah jenis ini adalah material cetak dan prefabrikasi, yaitu logam tahan karat, bata ringan, serta gypsum.
Material-material tersebut juga memiliki berbagai keunggulan, seperti logam yang tidak mudah lapuk dan dimakan rayap. Serta bata ringan yang tidak perlu plesteran tebal lalu lebih kedap suara serta air dan tahan akan tekanan.
4. Lebih Terjangkau

Jika kalian ingin membangun rumah tapi mempunyai budget pas-pasan, rumah instan domus adalah solusi terbaik. Mengingat harganya yang lebih murah dibanding pembangunan-pembangunan konvensional yang ada.

Kekurangan Rumah Domus

  1. Keterbatasan jumlah lantai rumah, maksimalnya adalah 2 lantai dan memakai material pelat lantai.
  2. Modul ruang yang masing-masingnya maksimal adalah berukuran 3×4 m² saja.
  3. Bentangan antar kolom harus dibatasi maksimum 3 menit saja. Jadi dibutuhkan pemahaman akan struktur dalam mendesain rumahnya agar kolom berada di posisi yang baik.

Pemasangan struktur rumah instan yang telah diperkuat oleh tenaga SDM yang telah terlatih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *