Faktor Pertimbangan Pemilihan Dimsum Steamer

Di kalangan pasar masyarakat yang umum ditawarkan saat ini kurang lebih ada 2 jenis alat dimsum steamer yang bisa dipilih. Mulai dari steamer tradisional maupun yang jenis modern. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing yang beda dari jenis lainnya. Untuk lebih jelasnya langsung simak daftar ini.

Faktor Pertimbangan Pemilihan Dimsum Steamer

  1. Traditional Steamer

Barangkali banyak ibu-ibu generasi lumayan lama yang lebih puas mengukus menggunakan kukusan bambu alamiah satu ini. Berikut akan kami ulaskan apa saja kelebihan serta pertimbangan yang harus dipikirkan terkait dengan risiko kelemahannya. Langsung saja disimak dari poin pertama hingga akhir ya.

  • Terbuat dari bahan alami berupa bambu yang kala digunakan untuk mengukus bisa mengeluarkan bau khas yang amat menggugah selera penikmat kudapan tersebut.
  • Memiliki bobot yang cenderung lebih ringan sehingga memudahkan kala ingin dipindahkan.
  • Bambu merupakan bukan bahan penghantar panas sehingga pemindahan kukusan tradisional ini tak berpotensi melukai tangan dengan hawa panas pada pegangannya.
  • Untuk pertimbangan tambahan biasanya pengukus bambu tradisional ini memiliki tingkat keawetan yang jauh lebih rendah.
  • Pertimbangan lain juga bahan bambu bisa memiliki potensi berjamur lebih parah jika tak dilakukan prosedur pembersihan serta penyimpanan perkakas secara benar nan higienis ya.
  • Kukusan tradisional dari bahan bambu juga rentan sela-selanya terdapat sisa makanan yang terselip sehingga membutuhkan usaha ekstra untuk membersihkannya. Membersihkannya juga jangan sampai ditunda demi tetap merawat tingkat keawetan bambu yang lebih optimal.
  1. Modern Steamer

Sebagai opsi yang jauh lebih modern, barangkali banyak juga generasi ibu muda yang memilih kepraktisan membeli kukusan berbahan alumunium. Banyak mungkin yang menilai bahan alumunium lebih sesuai dengan perkembangan zaman yang makin praktis di segala bidang. Langsung simak ya pertimbangannya.

  • Pengukus modern biasanya memiliki material dari bahan alumunium yang tentunya memiliki tingkat keawetan material yang lebih maksimal. Aluminium juga lebih minim potensinya terkait dengan risiko berjamur.
  • Pengukus aluminium juga memungkinkan cara membersihkan yang jauh lebih mudah daripada yang dilakukan pada jenis kukusan bambu tradisional.
  • Soal aroma bambu alami yang khas, menggunakan kukusan alumunium sejujurnya bisa diatasi dengan menggunakan alas daun pisang. Niscaya masakan yang tengah dikukus akan langsung memiliki aroma yang juga bisa menggugah selera secara maksimal.
  • Material alumunium berbeda dengan bahan bambu alamiah. Material aluminium lebih cepat menghantarkan panas. Sehingga saat akan memindahkannya maka harap mengenakan lap tambahan untuk melindungi tangan dari potensi uap panas ya.

Usai menyimak ragam faktor pertimbangan pemilihan alat dimsum steamer terbaik yang bisa dipilih di atas semoga bisa menambah referensi bagi pembaca sekalian ya. Jangan sampai salah pilih jenis steamer. Sesuaikan saja dengan kebutuhan personal masing-masing pembaca demi meminimalisir ketidakpuasan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *