Hati-hati Bilyet Deposito Palsu, Ketahui Cara Menghindarinya

Saat ini deposito menjadi salah satu layanan bank yang digemari oleh masyarakat, hal ini dikarenakan bunga deposito yang didapatkan cukup besar jika dibandingkan dengan menabung saja. Banyaknya peminat deposito ini ternyata dijadikan sebagai kesempatan untuk melakukan tindakan kriminal oleh beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab. salah satunya melalui bilyet deposito.

 Penipuan berkedok investasi

Pada kasus penipuan semacam ini penawaran layanan deposito biasanya tidak dilakukan oleh pihak bank melainkan oleh pihak luar dengan menawarkan hadiah dan bunga yang sangat tinggi tanpa ada jaminan dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Namun ternyata penipuan investasi dari deposito juga bisa saja dilakukan oleh oknum dari pihak bank dengan modus penipuan yang sama, oknum ini juga melakukan pemalsuan sertifikat deposito dan surat bukti kepemilikan deposito atau bilyet deposito dengan memanfaatkan data pribadi nasabah.

Cara agar tidak mendapatkan bilyet deposito palsu

Oleh sebab itu, sebagai nasabah yang akan mendepositokan uang, Anda harus ekstra hati-hati dan jangan mudah tergiur penawaran yang terlihat menguntungkan. Beberapa hal yang perlu dipahami saat akan membuka rekening deposito dan dapat menghindarkan Anda dari penipuan bisa dibaca dibawah ini.

  1. Hanya membuka rekening deposito di bank dan bukan di sembarang orang yang memberikan penawaran. Jangan sekali-kali tergiur tawaran investasi yang dilakukan via telepon.
  2. Jatuhkan pilihan pada bank yang sudah pasti mendapatkan jaminan dari LPS.
  3. Pahami hal-hal yang berkaitan dengan layanan deposito seperti uang pokok, tenggat waktu deposito, bunga yang diberikan, serta resiko investasi. Saat Anda memahami hal-hal tersebut, maka jika ada oknum pegawai bank yang memberikan penawaran tidak masuk akal Anda bisa dengan mudah menolaknya.
  4. Saat Anda sudah melakukan deposito dan mendapatkan surat bukti kepemilikan, periksa kembali bilyet tersebut apakah nama Anda sudah tercantum atau belum.

Nah itulah beberapa cara yang perlu diperhatikan saat akan menggunakan layanan deposito. Selalu waspada dimanapun dan kapanpun karena pemalsuan bilyet deposito bisa dilakukan kapan saja. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *