5 Hal yang Wajib Diketahui Dalam Pemasangan Floordeck

Floordeck atau metal deck merupakan salah satu material yang sering digunakan pada bangunan bertingkat. Material ini menjadi penyangga lantai cor dan menggantikan besi yang sering digunakan untuk pengerjaan beton konvensional. Jika pada konstruksi konvensional menggunakan 2 lapis besi, dengan metal deck hanya memerlukan 1 besi. 

Di dunia konstruksi nama metal deck lebih populer dikenal dengan sebutan bondek. Padahal ini adalah nama salah satu merek metal deck. Untuk memasang metal deck dengan tepat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu sebagai berikut.

Pedoman Pemasangan

Bondek floordeck bisa dipasang di bagian atas tumpuan portal konstruksi beton, baja, atau batu bata. Ukuran panjang yang digunakan minimal harus mampu menutupi 2 bagian bangunan dengan jarak bentang efisien. Walaupun panel deck ini dapat menjadi bekisting saat beton masih basah, sebaiknya tetap gunakan papan untuk lintasan pekerja. Selain itu, hindari pemutusan beban.

Cara Memasang Panel Deck Pada Konstruksi Baja

Cara memasang metal deck di atas tumpuan baja dapat dimulai setelah proses konstruksi portal baja diukur dengan waterpass dan lot. Proses pemasangan tersebut dilakukan dengan cara membentangkan material tersebut dan mengikatnya dengan paku tembak atau las listrik. Setelah itu, jarak pemikul akhir akan ditentukan berdasarkan gaya geser. Jarak tersebut biasanya sekitar 5 cm.

Pengikatan Metal Deck Dengan Las

Tahap selanjutnya adalah mengelas ujung floordeck bondek dengan bantuan las cantum berdiameter 1 cm di bagian rata setiap sisi rusuk panel. Pengelasan tersebut dimulai dari atas ke bawah. Tumpuan tengah tiap panel dek juga sebaiknya dilas dengan kawat las baja ukuran 0,325 cm di bagian rata rusuk betina.

Menyempurnakan Proses Pemasangan

Tutup bagian lubang rusuk floordeck di sisi bidang lantai cor dengan bantuan pita perekat. Setelah itu sempurnakan sambungan tumpuan sisi rusuk panel dek dengan jarak sekitar 100 cm dengan memasang sekrup atau di las cantum.

Menyiapkan Pengecoran

Siapkan tiang penyangga untuk pengecoran. Tiang tersebut akan membantu mencegah lendutan saat cor beton masih basah. Tiang tersebut dapat dilepaskan setelah 7-14 hari.

Demikian beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memasang floordeck. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, kualitas konstruksi tentu akan lebih terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *