Ini Dia Alasan Kenapa Roller Ball Bearing Harus di Lubrikasi

Berbagai macam permasalahan mesin maupun kebutuhan pasti banyak yang tidak terlepas dari roller ball bearing. Entah untuk jenis roller bearing yang umumnya berbentuk silinder, maupun ball bearing dari bola baja. Itu sebabnya banyak yang jual roller ball bearing di toko logam maupun bangunan. Meskipun berbeda, keduanya juga sama-sama membutuhkan proses lubrikasi.

Apa Itu Lubrikasi

Sebelum kita membahas terkait alasan kenapa jenis-jenis bearing perlu di lubrikasi, ada baiknya juga kita mengetahui terlebih dahulu terkait apa itu lubrikasi. Lubrikasi sendiri merupakan proses pendinginan atau pelumasan menggunakan bahan tertentu guna menjaga kualitas dari elemen inti seperti bearing. Dengan demikian, proses lubrikasi menjadi suatu proses yang cukup penting sebab memiliki fungsi prima dalam hal penjagaan suatu elemen. Jadi, tidak heran jika bearing jenis roller maupun ball banyak yang melewati proses satu ini.

Alasan Kenapa Roller Ball Bearing Harus di Lubrikasi

Nah, setelah kita tahu apa itu lubrikasi, selanjutnya kenapa kebanyakan bearing memerlukan proses lubrikasi? Seperti yang kita ketahui bahwa bearing sendiri merupakan komponen penting dalam mesin untuk tujuan pembatasan gerak. Selain itu, dalam kinerjanya bearing juga melibatkan poros maupun elemen yang diam seperti motor, pompa, dan lain sebagainya. 

Melihat peran roller ball bearing yang cukup penting dalam kinerja suatu mesin, tentu keawetan dari bearing itu sendiri menjadi PR para engineer maupun para otomotif. Nah, salah satu solusinya adalah dengan melakukan proses lubrikasi. Kenapa? Sebab bearing dikenal sebagai salah satu bagian pendukung mesin yang rentan akan gesekan dan keausan sehingga jika tidak dilakukan proteksi, akan berpengaruh pada kondisi primanya.

Selain itu, bearing sendiri rentan terkena kotoran yang membuatnya bisa saja mengalami kerusakan. Oleh sebab itu, perlu dilakukan proses pelumasan yang salah satunya bisa dilakukan melalui lubrikasi. Lantas, apa sistem lubrikasi yang biasa dilakukan untuk bearing? Berikut jawabannya.

  1. Oil Lubrication

Pengertian ball bearing sebagai elemen yang juga membutuhkan proses pelumasan untuk memperlancar kinerjanya biasanya sering menggunakan sistem lubrikasi dengan oli. Apa lagi jika bearing yang dimaksud adalah bearing untuk memperlancar kinerja mesin gerak. Maka oil lubrication akan sangat membantu baik dalam hal proteksi maupun kinerja. 

  1. Grease Lubrication

Selanjutnya terdapat sistem grease lubrication yang terbentuk dari mineral oil dan umumnya memiliki fungsi untuk menjaga bearing dari berbagai macam kotoran. Grease lubrication juga ada yang terbuat dari minyak nabati bercampur zat pengental guna proteksi pada bearing itu sendiri atau untuk pelumasnya. 

  1. Dry Lubrication

Terakhir, terdapat sistem dry lubrication yang sekilas hampir mirip seperti grease maupun oil lubrication. Namun, dalam penggunaannya, lubrication dengan material padat satu ini dipasangkan pada permukaan gesekan dari bearing itu sendiri.

Penggunaan sistem lubrication sendiri tidak ada patokan mana yang lebih baik atau tidak. Hanya saja, biasanya pemberian lubrication pada roller ball bearing menyesuaikan kondisi atau kebutuhan yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *