Jual Bata Ringan yang Banyak Keunggulannya

Bata ringan seperti Hebel atau Celcon mulai banyak diminati. Posisinya mulai menggeser pemakaian bata merah dan batako. Jual bata ringan pun laris manis. Bisa cek di tempat jual bata ringan Surabaya atau di kota lain terdekat. Hal ini karena terdapat beberapa keunggulan sebagai berikut.

Bobot yang Ringan

Sesuai namanya bobot bata Hebel atau AAC (Autoclaved Aerated Concrete) dan Celcon atau (Cellular Lightweight Concrete) ini memang lebih ringan, meski ukurannya lebih besar. Namun bisa juga jika hendak digergaji atau dipotong menjadi lebih kecil. Ukurannya yang besar ini juga bisa menjadi salah satu keunggulannya karena bisa lebih mudah dan lebih cepat dipasang. Bata ringan yang paling ringan ialah yang jenis AAC atau yang populer disebut sebagai bata ringan hebel. Hal ini karena terdapat rongga udara di bagian dalamnya.

Kuat

Meski ringan dan terdapat rongga gelembung udara namun bata ringan ini cukup kuat mirip seperti beton konvensional yang biasa. Tingkat kekuatannya bervariasi sesuai tingkat kepadatannya.

Ukuran yang Lebih Presisi

Karena proses pencetakannya dilakukan dengan mesin pabrik, tidak secara manual, maka hasilnya pun bisa lebih presisi dan seragam dengan ukuran yang tepat dan sama.

Hemat Waktu

Karena bata ringan ini ukurannya lebih besar daripada ukuran satuan bata merah maupun batako, maka proses pemasangannya bisa berlangsung lebih cepat. Ukurannya yang seragam dan presisi juga memudahkan dalan proses pemasangannya.

Mampu Meredam Suara

Kemampuannya dalam meredam suara juga lebih baik. Bisa dikatakan bata ringan ini kedap suara. Dengan demikian kebisingan yang berasal dari dinding luar rumah dapat diminimalisir. 

Hemat Biaya

Karena lebih mudah dan cepat pemasangannya maka bisa menghemat biaya tenaga kerja. Selain itu bata ringan juga hemat semen, bahkan bisa mencapai hingga 50 % tingkat penghematannya. Guna merekatkannya satu sama lain maka digunakan semen khusus yakni semen instan atau yang disebut juga sebagai mortar.

Insulator yang Baik

Bata ringan merupakan insulator yang baik karena mampu menahan suhu panas dari luar dan menahan suhu dingin di dalam ruangan. 

Tahan Goncangan dan Tahan Gempa

Bata ringan juga kuat saling merekat, serta berukuran besar dan ringan bobotnya, sehingga tahan goncangan dan memiliki ketahanan terhadap gempa yang lebih baik jika dibandingkan dengan bata merah ataupun batako  yang ukurannya lebih kecil-kecil dan lebih berat yang direkatkan dengan semen biasa yang jika campurannya kurang bagus dan kurang tepat pemasangannya maka akan mudah runtuh dinding temboknya.

Tahan Panas dan Tahan Api

Daya tahan bata ringan terhadap suhu panas dan api juga lebih baik.

Tahan Cuaca Ekstrim

Baik itu saat musim kemarau maupun musim penghujan. Bangunan yang dindingnya terbuat dari bata ringan itu akan lebih tahan cuaca  karena tingkat penyerapan airnya rendah jadi tidak akan mudah rembes, juga tahan panas. Selain itu juga bebas lumut, dan jamur, serta ngengat, juga tidak akan mudah keropos, karena bahan dasar bata ringan dari semacam adonan semen, berbeda dengan bata merah yang terbuat dari bahan tanah liat.

Itulah beberapa keunggulan bata ringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *