Jenis-Jenis Alat Tes Ovulasi di Apotik Sekitar Kamu

Sama seperti alat tes kehamilan yang memiliki berbagai bentuk, merek, dan juga harga yang sangat variatif, alat tes ovulasi pun juga demikian. Menghadirkan berbagai jenis yang bermacam-macam dengan inovatif-inovatif baru yang dimunculkan demi membuat pemakainya merasa lebih mudah dan lebih nyaman. 

Agar lebih mengenal jenis-jenis alat tes ovulasi di apotik, berikut beberapa uraiannya. 

  1. Jenis Compact

Salah satu jenis alat tes ovulasi di apotik ataupun di pasaran yang muncul adalah dalam bentuk digital. Alat tes ovulasi digital dipercaya bisa mendeteksi masa subur lebih detail jika dibandingkan dengan jenis lainnya.

  1. Jenis Strip

Jenis strip adalah salah satu jenis alat tes ovarium yang sering muncul dan sangat mudah didapatkan. Harganya pun juga sangat bersahabat dan sangat terjangkau. Tak jarang ada yang membelinya langsung beberapa biji, agar bisa melakukan tes kesuburan sering- sering. 

  1. Jenis Scope

Lain halnya dengan compact dan strip yang memanfaatkan urin dalam melakukan tes kesuburan, jenis alat tes ovulasi dengan bentuk scope ini memanfaatkan air liur sebagai media tes nya. Alat dengan jenis scope ini ternyata dapat digunakan dengan berulang-ulang, sehingga lebih praktis dan tidak perlu membeli alat tes kesuburan dengan jumlah yang banyak. 

Waktu yang Tepat untuk Melakukan Tes Kesuburan

Untuk mengetahui masa kesuburan yang maksimal, diperlukan waktu yang tepat untuk melakukan tes. Pada setiap bulannya hanya ada beberapa hari saja yang merupakan masa subur dari seorang wanita yang dapat meningkatkan peluang untuk hamil. 

Maka dari itu, ada waktu-waktu terbaik yang harus diketahui untuk melakukannya. Tidak melulu pada satu waktu seperti saat pagi hari saja, melainkan tes kesuburan harus dilakukan pada jam yang sama setiap harinya. Disarankan juga untuk melakukan pengetesan tersebut di antara jam 11.00 sampai dengan  jam 15.00. 

Bisa juga melakukannya sebanyak dua kali dalam sehari. Hal ini bertujuan agar tahu lebih pasti kapan seorang wanita sedang bergairah.  Jika ingin melakukan cara seperti ini, sebaiknya agar melakukannya setidaknya dengan selang waktu minimal 10 jam setelah pengetesan pertama. 

Kelemahan Alat Tes Kesuburan

Meski memberikan berbagai kemudahan, pastinya alat tes ovulasi ini memiliki beberapa kekurangan, salah satunya adalah dari segi biaya. Walaupun untuk harga satuan dari alat tes ovulasi di apotik terbilang sangat murah dan sangat terjangkau, tapi untuk alatnya sendiri dengan fungsi penggunaan yang sekali pakai sedangkan kebutuhan pemakaian yang berulang pasti akan memakan biaya yang cukup lumayan besar. 

Apalagi untuk seorang wanita yang memiliki masa haid yang tidak pasti maka akan membutuhkan alat ini lebih banyak lagi. 

Dan salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan membeli alat tes ovulasi yang berjenis digital. Mungkin untuk mulanya membutuhkan biaya yang cukup besar, namun pengeluaran tersebut hanya dilakukan dalam sekali beli saja dan kamu bisa menggunakannya dengan berulang-ulang sesuka hatimu. 

Demikianlah beberapa jenis alat tes ovulasi di apotik yang biasa dijumpai. Bagaimana sekarang, alat tes ovulasi jenis apa yang akan kamu gunakan? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *