Metode – Metode dalam Tahapan Eksplorasi Batu Bara

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa ada banyak sekali tahapan eksplorasi batu bara yang harus dilakukan sebelum dilakukannya proses penambangan. Hal itu semua dilakukan dengan tujuan agar semua data dan juga informasi yang didapatkan sesuai, sehingga semua tahap bisa berjalan dengan lancar. 

Selain itu dalam tahap eksplorasi ini juga dibutuhkan metode – metode yang tepat agar proses analisis dan pengambilan data dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Nah ada beberapa metode dalam tahapan eksplorasi batu bara atau bahan tambang lainnya yang bisa Anda gunakan, seperti berikut ini : 

  1. Metode geologi

Metode pertama yang dapat digunakan dalam tahap eksplorasi adalah metode geologi. Metode geologi ini juga termasuk dalam jenis metode langsung. Karena metode ini dapat diamati secara langsung dan terlihat cukup jelas di mata para geologist. Metode geologi ini juga dibagi lagi menjadi 5 bagian yaitu seperti berikut :

– Survei indra jauh

Pengambilan data dengan cara survei indra jauh ini dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti analisa citra dari satelit, citra radar dan juga pemotretan dari udara. Semua hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan data yang akurat. 

– Survei geologi permukaan 

Pengambilan data selanjutnya juga dapat dilakukan dengan cara melakukan survei geologi tinjau dan juga singkapan. 

– Sumur uji dan paritan

– Pemboran eksplorasi

Dalam pengambilan data ini, akan dilakukan proses pengeboran untuk dapat melihat lebih dalam dan jelas. 

– Survei geologi dari dalam tanah

  1. Metode geofisika

Metode selanjutnya yang juga bisa Anda gunakan dalam tahap eksplorasi batu bara adalah metode geofisika. Metode geofisika ini termasuk dalam jenis metode yang tidak langsung. Karena data yang didapatkan harus dianalisa terlebih dahulu untuk menentukan apakah termasuk dalam gejala geologi atau tidak. Metode ini juga dibagi lagi menjadi beberapa bagian, seperti berikut :

– Survei geofisika udara

Survei geofisika ini juga meliputi survei gravitasi dan magnetik. 

– Survei geofisika darat

– Logging sumur

  1. Metode geokimia 

Metode yang berikutnya juga masih termasuk dalam jenis metode yang tidak langsung, yaitu metode geokimia. Dengan metode geokimia ini akan dilakukan pengambilan beberapa sampel untuk diteliti di laboratorium. Biasanya sampel yang akan diambil berupa sampel tanah, bebatuan, air dan juga beberapa potret aliran sungai. 

  1. Metode gabungan

Metode yang terakhir yang dapat dilakukan dalam proses eksplorasi adalah metode gabungan. Nah dalam metode ini akan diambil beberapa metode untuk mendapatkan hasil eksplorasi yang maksimal. 

Nah itulah tadi beberapa metode – metode yang biasa digunakan dalam tahapan eksplorasi batu bara. Semoga dengan informasi diatas dapat menambah wawasan Anda seputar dunia pertambangan khususnya dalam tahap eksplorasi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *