5 Jenis Digital Printing Jakarta Terpopuler dan Banyak Digunakan

Dalam kegiatan keseharian, anda dapat menemukan berbagai jenis dan bentuk barang yang merupakan hasil dari olah digital printing. Digital printing sudah mulai dikembangan pada tahun 1990-an dan hingga saat ini sudah banyak sekali produk yang dapat dihasilkan menggunakan berbagai jenis digital printing jakarta yang semakin berkembang.

5 Jenis Digital Printing yang Populer

  1. Jenis Inkjet Printer

Jenis inkjet printer merupakan sebuah mesin printing yang sering ditemui di perumahan maupun di perkantoran. Perusahaan fotocopylah yang sering menggunakan jenis mesin ini, seperti untuk membuat souvenir print, Undangan Pernikahan, Cetak foto, print pada mug, dan lain sebagainya.

  1. Jenis Plotter Machine

Yaitu mesin digital printing yang digunakan untuk mencetak sebuah media yang berukuran lebar dengan ukuran 1.5 meter sampai dengan 5 meter. Sedangkan berkaitan dengan jenis tintanya, jenis ini dapat digunakan untuk beragam tinta seperti tinta Dye atau Pigmen, Solvent, ecosolvent serta UV. 

  1. Jenis Digital Offset

Kemampuan digital printing dengan jenis ini dapat menghasilkan sesuatu dalam bentuk modul cetakan ukuran A4 sampai A0. Oleh karena itu, mesin ini banyak digunakan untuk mencetak buku, cetak menggunakan kertas kalkir, cetak peta dan lain sebagainya. Keunggulan mesin ini dapat bekerja dengan cepat untuk menghasilkan hasil cetakan sesuai dengan kebutuhan.

  1. Jenis Flatbed Printing

Jenis Digital printing ini memang ditujukan untuk mencetak di berbagai media yang tebal seperti kayu, keramik dan kaca akrilik. Jenis ini dilengkapi dengan menggunakan teknologi tinta UV, sehingga hasil cetakan dapat langsung kering dan tidak bertahan lama.

  1. Jenis Sablon Digital Atau Sablon DTG

Jenis digital printer yang satu ini mempunyai waktu yang tergolong baru dalam dunia percetakan. Dengan kata-kata tersebutlah menimbulkan banyak kesalahpahaman antara hubungan dan hubungan teman-teman yang lain. Selain itu, jenis sablon digital menggunakan tinta Neo Pigmen Kornit dimana dapat menghasilkan kualitas cetak yang hampir sempurna pada digital printing jakarta.

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Digital Printing

  • Gambar hendaknya tersedia dalam format CMYK dengan resolusi yaitu 300 lpi serta format gambar JPEG atau TIFF.
  • Konversi font atau format tulisan dengan menggunakan opsi convert to path. 
  • Penggunaan Color Chart digunakan sebagai acuan dalam menentukan warna pada desain.
  • Dokumen yang berisi desain harus dipastikan terlebih dahulu terbaca dan dapat digunakan. 
  • Tentukan jenis kertas yang akan digunakan dan selanjutnya tentukan juga produk apa yang akan dihasilkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *