Tips Pengajuan Kredit Usaha Rakyat Agar Lolos

Dalam melaksanakan usaha, Anda tentunya akan membutuhkan modal awal untuk bisa memulai usaha tersebut. Namun tidak semua orang bisa mengumpulkan modal untuk usaha. Jika demikian bagaimana caranya agar bisa tetap menjalankan usaha, dengan keterbatasan modal? Anda bisa mencoba untuk mengajukan KUR atau Kredit Usaha Rakyat yang biasanya diberikan oleh pihak Bank kepada masyarakat. Namun untuk bisa mendapatkan KUR atau kredit usaha rakyat tersebut maka Anda harus bisa mengumpulkan berbagai syarat yang diminta. Setelah syarat selesai diajukan, Anda juga harus menunggu proses syarat-syarat yang diajukan untuk diverifikasi oleh petugas bank. Jika syarat sudah lengkap semua, maka kredit usaha rakyat itu bisa dicairkan namun jika syarat tidak lengkap, maka kredit usaha rakyat tersebut tidak bisa dicairkan. Berikut ini beberapa tips pengajuan KUR yang perlu Anda ikuti agar bisa lolos KUR :

Pastikan Jejak Rekam Rekening Bersih

Pada saat Anda hendak mengajukan KUR maka Anda harus memastikan bahwa jejak rekam rekening Anda dalam keadaan bersih artinya tidak ada rekaman yang menunjukkan Anda terlambat membayar pinjaman atau pun hal semacam itu yang bisa membuat petugas KUR merasa ragu. Apalagi pada saat pengajuan kredit usaha rakyat ini akan dilakukan BI Checking yang pengecekannya langsung dari pusat. Jika jejak rekam rekening Anda tidak baik maka tentunya bisa menjadi masalah dan membuat Anda kesulitan untuk lulus tahap administrasi KUR.

Jangan Terima Kredit Lain

Pada saat Anda akan mengajukan kredit usaha rakyat ini sebaiknya Anda bersih dari beban pembayaran kredit dari bank lainnya. Karena kredit usaha rakyat tidak akan meluluskan Anda jika ternyata Anda masih memiliki beban pembayaran kredit di bank lain, kecuali untuk kredit seperti KPR atau Kartu Kredit maka masih bisa dimaklumi. Selain itu pun jika Anda terbebani dengan lebih dari satu kredit, tentunya akan sangat menyusahkan diri Anda sendiri dalam mengelola keuangan Anda. Maka sebaiknya fokuslah untuk mengambil satu kredit saja dalam satu waktu.

Bergabunglah Dengan Platform E-Commerce

Sebaiknya juga agar Anda lebih mudah diluluskan dalam pengajuan KUR maka Anda bisa bergabung dengan salah satu platform E-commerce seperti Tokopedia misalnya dan membuat akun online shop Anda di sana atau bisa juga Anda daftarkan usaha Anda pada online ride hailing seperti Grab.  Dengan adanya akun tersebut maka bisa lebih meyakinkan pihak Bank untuk meloloskan kredit KUR Anda, karena terbukti nyata bahwa saat ini Anda sedang berusaha dan tentunya membutuhkan suntikan dana untuk melanjutkan usaha Anda tersebut. Pastikan juga bahwa semua persyaratan yang dibutuhkan sudah Anda penuhi sehingga dengan demikian mudah bagi Anda untuk lulus dalam kredit usaha rakyat dari bank tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *