Investasi Jangka Panjang? Yuk Kenali Terlebih Dahulu Cara dan Risikonya

Tentunya yang ada dibenak kalian ketika mendengar investasi jangka panjang adalah uang. Pikiran tersebut tidak salah, namun investasi tidak melulu terkait dengan uang. Nah, simak terus ulasan berikut ini supaya Anda lebih mengetahui terkait dengan investasi yang berjangka panjang.

Apa Itu Investasi Jangka Panjang?

Investasi yang berjangka panjang adalah investasi di mana sumber daya yang digunakan akan terus menerus dilakukan atau dijalankan sehingga baru dapat bisa dicairkan ketika jangka waktu tersebut sudah mengalami jatuh tempo (minimalnya dalam rentang satu tahun). Investasi ini dapat dibaratkan seperti dengan menanam suatu modal atau kekayaan dari seseorang maupun sebuah perusahaan agar mendapatkan penghasilan yang tetap.

Tujuan Investasi Jangka Panjang

Tujuan dari setiap investasi adalah supaya dapat menguntungkan bagi semua orang yang melakukannya. Adapun tujuan dari investasi yang berjangka panjang adalah sebagai berikut ini:

  1. Dapat memperoleh penghasilan pasif dalam waktu tertentu seperti uang sewa, deviden, dan bunga.
  2. Mengurangi persaingan yang terjadi diantara perusahaan yang sejenis.
  3. Mengarahkan dana dari perusahaan secara khusus.
  4. Menjamin ketersediaan dari bahan baku produksi yang terdapat di pasar untuk produk yang nantinya akan dihasilkan.
  5. Sebagai pengendali orang tertentu atau suatu perusahaan dengan adanya kepemilikan modal.

Risiko Investasi Jangka Panjang

Kebanyakan dari investor sering memilih investasi jangka panjang karena dapat terus meningkatkan nilai uang seiring berjalannya waktu. Hal itulah yang menyebabkan investasi tersebut mempunyai keuntungan yang menjanjikan. Meskipun demikian, investasi jenis ini ini tidak mudah untuk dijalankan, terdapat beberapa risiko yang harus ditanggung investornya. Risiko tersebut dapat berupa risiko suku bunga, pasar, inflasi, likuiditas, valas, dan juga risiko negara.

Prinsip dari high risk dan high return adalah bagian yang tidak dapat dilepaskan apabila berbicara terkait dengan investasi. Hal itu menggambarkan bahwa semakin tinggi risiko dari sebuah investasi, maka hasil yang nantinya akan didapatkan juga sepadan dengan risikonya. Prinsip ini erat sekali dengan Anda yang sedang menjalankan investasi dengan jangka panjang.

Nah, itulah beberapa penjelasan terkait dengan investasi jangka panjang beserta resikonya yang harus Anda ketahui sebelum melakukan investasi. Hal itu berguna untuk memberikan gambaran agar Anda tidak asal melakukan investasi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *