Perbedaan API Whatsapp Business dan Whatsapp Business

Mungkin bagi sebagian dari Anda sudah banyak yang mengetahui tentang aplikasi chattingwhatsapp. Tapi taukah Anda jika whatsapp juga mengeluarkan aplikasi chatting yang khusus digunakan untuk berbisnis yaitu whatsappbusiness dan api whatsapp business. Nah kali ini kita akan membahas mengenai apa saja perbedaan dari 2 aplikasi bisnis yang dikeluarkan oleh whatsapp.

Whatsapp Business

Pertama yang akan kita bahasa adalah apa itu aplikasi whatsappbusines, nah whatsappbusines ini adalah aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh whatsapp untuk memudahkan para pemilik usaha UMKM untuk berkomunikasi dengan para pelanggan mereka. Aplikasi whatsappbusiness ini dapat dengan mudah Anda unduh di playstore maupun appstore. Lali untuk cara pendaftarannya pun cukup mudah seperti Anda mendaftar whatsapp biasanya. Tapi yang perlu Anda ingat bahwa Anda tidak boleh mendaftarkan nomer Anda yang sudah pernah terdaftar, jadi Anda harus memiliki nomer baru yang khusus untuk bisnis Anda.

Setelah Anda berhasil untuk mendaftar dan sudah terverifikasi maka selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengatur profil whatsappbusiness Anda. Karena di profil ini Anda bisa mencantumkan semua informasi penting tentang bisnis Anda mulai dari alamat kantor, kategori bisnis hingga jam operasional. Nah selain adanya profil bisnis whatsappbusiness ini juga dilengkapi dengan berbagai fituryang bisa memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan pelanggan Anda seperti adanya greetingmessage, broadcastmessage hingga quickreply.

API Whatsapp Business

Yang berikutnya adalah api whatsapp business, nah API sendiri adalah singkatan dari ApplicationProgrammingInterface. API ini adalah rangkaian kode tersambung ke software perusahaan Anda. Jadi jika whatsappbusinesdiperuntukan untuk UMKM maka whatsappbusiness API ini lebih untuk perusahaan yang sudah berkembang. Selain itu untuk fitur dari whatsappbusiness API ini juga sedikit berbeda dengan whatsappbusines biasa, seperti contohnya fiturmulti agen access, chatbot, useautomation dan lainnya.

Untuk fitur yang paling berguna di whatsappbusiness API ini adalah fiturchatbot, karenda dengan adanya fiturchatbot ini kustomer Anda akan langsung mendapatkan balasan secara otomatis. Jadi bisa dikatakan bahwa fiturchatbot ini digunakan untuk membalas pesan atau pertanyaan – pertanyaan yang sering ditanyakan oleh kustomer. Sehingga beban karyawan Anda pun lebih berkurang, sehingga karyawan Anda bisa bekerja lebih maksimal lagi. Jika Anda ingin mendapatkan whatsappbusines API ini maka Anda harus mengeluarkan sejumlah uang, jadi tidak seperti whatsappbusines biasa yang bisa Anda dapatkan secara gratis.

Nah itulah tadi beberapa pengertian singkat dan juga perbedaan dari api whatsapp business dan whatsappbusiness biasa. Semoga ulasan di atas bisa membantu dan bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *