Mengenal Jenis Atap, Atap Metal Pilihan Paling Tepat Untuk Kamu!

Komponen penting yang harus selalu ada di setiap rumah adalah atap/ genting. Atap memiliki fungsi utama sebagai pelindung dari segala cuaca. Selain fungsi utamanya, fungsi lainnya yaitu sebagai nilai estetika. Kamu bisa berkreasi dengan atap rumah sesuai selera kamu, bisa berbentuk seperti kubah atau bisa dibentuk hewan pada puncak atap dengan harga atap metal yang ideal.

Apa Saja Sih Jenis Atap?

Dalam memilih atap, kamu juga harus mengetahui jenis-jenis atap yang akan kamu gunakan nantinya. Berikut beberapa jenis atap yang sering kamu temui di toko material rumah:

  • Atap metal

Bahan baku yang digunakan adalah logam. Namun, tidak hanya menggunakan logam saja, ada berbagai jenis atap metal, yang terbagi lagi sesuai dengan material yang akan digunakan. Keunggulannya, harga atap metal yang bagus akan tahan api, tahan lama, tersedia berbagai jenis model. Sedangkan kekurangan dari penggunaan atap jenis ini adalah warna akan memudar dalam beberapa tahun.

  • Atap baja ringan

Bahan baku dari baja ringan adalah galvalum. Kelebihan dari atap ini adalah daya tahan lama dan anti rayap. Sedangkan kekurangannya yaitu menyerap panas matahari, sehingga menjadikan suhu ruangan menjadi panas.

  • Atap tanah liat

Bahan baku yang digunakan jelas menggunakan tanah liat. Atap jenis ini paling banyak ditemukan di setiap rumah-rumah. Keunggulannya, harga terjangkau, mudah dicari, serta mudah dalam pemasangannya. Namun, kekurangannya yaitu mudah jatuh, mudah bocor, dan mudah berjamur jika tidak dilapisi cat pelapis.

  • Atap kaca

Bahan bakunya terbuat dari kaca. Atap jenis ini sering kita temui di rumah kaca, yang difungsikan sebagai rumah budidaya tanaman. Kekurangannya jelas, atap ini akan transparan dan menyerap panas matahari.

  • Atap kayu

Bahan bakunya jelas menggunakan kayu. Keunggulannya,menambah nilai estetika. Kekurangannya hampir seperti atap tanah liat, mudah bocor, harus memesan secara khusus, rawan rayap.

Mengapa Memilih Atap Metal?

Selain keunggulan yang telah disebutkan, alasan lainnya memilih harga atap metal yaitu kesan yang dibangun rumah yang menggunakan atap ini adalah kesan modern. Rumah-rumah di jaman sekarang banyak mengaplikasikan rumah dengan konsep modern. Di samping itu, banyak pilihan yang ditawarkan dari jenis, bentuk maupun warna yang ingin digunakan. So, tunggu apalagi? Kamu dapat mulai mencoba membuat rumah atap metal!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *