Manfaat conversational commerce Untuk Bisnis Online

conversational commerce saat ini merupakan salah satu strategi pemasaran untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Fitur ini merupakan salah satu bentuk komunikasi antara pembeli dan brand. 

Apa itu conversational commerce? 

conversational commerce masih merupakan hal yang sangat awam di telinga namun sebenarnya hal ini pasti pernah dijumpai saat anda sedang berbelanja online.  Jika anda hendak membeli suatu barang secara online, anda pasti akan bertanya dahulu kepada penjualnya bukan? Kegiatan dimana pembeli bertanya dahulu kepada penjual mengenai barang atau rekomendasi produk inilah yang disebut dengan conversational commerce. 

Manfaat Conversational Commerce 

Conversational commerce bukan hanya sebuah trend belaka namun sangat membantu penjual dalam meningkatkan penjualan. Berikut adalah beberapa manfaat conversational commerce dalam bisnis online. 

  • Lebih hemat waktu 

Jika brand bisnis anda sudah memiliki fitur live chat, maka pelanggan akan sangat dimudahkan saat ingin menanyakan informasi mengenai produk. Tak perlu berjaga menunggu dan membalas chat dari pelanggan 24 jam sehari, anda bisa menggunakan fitur chat bot. Fitur chat bot akan membuat pelanggan senang karena pertanyaan bisa dijawab dengan cepat. Menggunakan chat bot sangat direkomendasikan dalam conversational commerce karena lebih hemat waktu dan aktif selama 24 jam non stop. Dengan demikian pertanyaan dari pelanggan dapat langsung dijawab. 

  • Menawarkan bantuan yang dipersonalisasi untuk pelanggan

conversational commerce dapat memberikan layanan yang lebih personal kepada pelanggan. Misalnya, ketika pelanggan membutuhkan rekomendasi baju anak, pelanggan cukup menuliskan di chat bot dengan pertanyaan tersebut. Chatbot kemudian akan merespon mengenai informasi yang dibutuhkan dengan menampilkan katalog sesuai dengan keinginan pelanggan. 

  • Membangun hubungan lebih dekat dengan pelanggan 

Seperti sudah disebutkan di awal, salah satu fungsi utama dari conversational commerce adalah interaksi antara pelanggan dengan penjual. Fitur ini tidak hanya memberikan informasi dan membantu pelanggan menemukan produk yang tepat namun juga meningkatkan hubungan antara pelanggan dengan brand. Jika penjual memberikan respon yang bagus dan memuaskan mereka, tentu saja memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *