Sistem jaringan utilitas bawah tanah pada area perkotaan

Sistem jaringan utilitas kota berkaitan erat dengan bangunan perumahan dan bangunan perkantoran. Peningkatan kebutuhan masyarakat kota dapat terjadi karena mobilitas penduduk ke kota yang semakin bertambah setiap tahunnya. Sistem jaringan utilitas bawah tanah yang terencana dengan baik serta yang terdapat di kawasan perkotaan diantaranya ada jaringan air, listrik dan telepon.  

Jaringan air

Sistem distribusi air yang sering digunakan oleh masyarakat kota adalah dengan sistem downdistribution yang mana air akan dialirkan ke atas untuk ditampung pada roof tank, lalu kemudian disalurkan lagi ke tempat-tempat yang membutuhkan dengan bantuan pompa air. Selain itu untuk kebutuhan air bersih banyak kawasan perkotaan lebih banyak menggunakan PDAM. Selain air bersih sistem jaringan air kotor juga termasuk dalam salah satu jaringan utilitas kawasan perkotaan. 

Air limbah padat dibuang ke septic tank melalui pipa tertutup dan kemudian disalurkan ke peresapan sedangkan limbah cair dari kamar mandi disalurkan melalui pipa tertutup dan selanjutnya disalurkan ke peresapan lagi. Sistem drainase tertutup selain aman dari sampah juga mempunyai biaya perawatan yang mahal. Sistem drainase pada daerh perkotaan umumnya dialirkan melalui selokan. 

Jaringan listrik 

Jaringan listrik menggunakan sistem jaringan utilitas bawah tanah di mana kabel-kabel listrik ditanam ke dalam tanah sehingga tidak akan terlihat adanya kabel listrik yang menggantung di atas maupun yang menggantung pada tiang listrik. Listrik disalurkan melalui gardu listrik dan dibagi-bagi melalui distribusi panel. Sistem penerangan jalan menggunakan lampu jalan yang diletakkan secara teratur pada masing-masing tepi jalan. Semua lampu dibuat sama agar terlihat rapi dan seragam. Jaringan listrik umumnya dari PLN. Salah satu kekurangannya adalah bila terjadi kerusakan pada kabel-kabel listrik yang digunakan untuk menyalurkan listrik maka dibutuhkan biaya lebih untuk memperbaikinya karena mempunyai sistem underground. 

Sistem jaringan telepon

Jaringan utilitas bawah tanah selanjutnya adalah sistem jaringan telepon. Sistem jaringan utilitas perkotaan khususnya jaringan telepon dikelola oleh PT. Telkom yang dialirkan melalui kabel-kabel telepon yang menggantung dengan kinerja yang sangat bagus. 

Itulah contoh-contoh jaringan utilitas bawah tanah. Untuk sistem jaringan utilitas perkotaaan memang lebih teratur, aman, rapi dan estetik, akan tetapi kekurangannya terletak pada biaya pemasangan yang terlampau mahal. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *