Kenapa Harus Aplikasi Multichannel Marketplace Management ?

Perkembangan dunia bisnis tidak dapat dipungkiri lagi. Semakin banyak teknologi yang memudahkan pedagang dan pembeli salah satunya adalah marketplace. Marketplace sebenarnya adalah tempat melakukan proses jual beli secara online. Tetapi, yang menjadi Kendala, anda memiliki toko yang berbeda dalam marketplace yang berbeda. Untuk itu, anda memerlukan aplikasi tambahan yakni aplikasi multichannel marketplace management.

Apa Itu Aplikasi Multichannel Marketplace Management ?

Mungkin anda masih asing mendengar aplikasi ini. Sebenarnya aplikasi multichannel marketplace management merupakan sebuah aplikasi yang dapat membantu semua sistem yang dibutuhkan dalam penjualan. Aplikasi ini dikembangkan oleh penyedia jasa untuk memudahkan proses integrasi untuk mengetahui stok barang pada setiap toko yang terletak di market place yang berbeda. Sebagai pemilik toko cenderung kesulitan dalam mengatur / mengontrol stok dari Gudang serta stok yang telah dijual. Terlebih bisnis jual beli online sangat tergantung dengan informasi yang tersedia di website atau katalog online. 

Kenapa Membutuhkan Ecommerce Multi Channel ?

Selain bisa membantu bisnis anda untuk manajemen stok yang ada dalam Gudang. Seperti Ketika terdapat pemesanan dan harus adanya pengiriman barang kepada pembeli. Terdapat alasan lain kenapa anda perlu aplikasi manajemen ecommerce multi fungsi di antaranya :

  • Anda sudah memiliki beberapa toko di berbagai market place. Karena anda pasti harus mengontrol setiap toko yang anda miliki. Agar memudahkan pekerjaan anda, tidak ada salahnya anda menggunakan ecommerce multi channel. Sehingga stok barang di setiap toko anda bisa terkontrol dengan baik.
  • Memperbaharui stok memang cukup sulit. Untuk memudahkan anda saat memperbarui stok barang di setiap market place ada baiknya anda menggunakan aplikasi ini. Karena, setiap barang yang sudah habis terjual harus di update ulang dan prosesnya sedikit lama.
  • Anda sudah memiliki banyak pelanggan. Bayangkan saja jika toko anda sudah mempunyai banyak sekali pelanggan. Banyak pelanggan menandakan toko anda sudah sangat dipercaya oleh konsumen. Maka dari itu, untuk mengolahnya harus dengan cara yang benar. Jika anda tidak memiliki sistem yang baik tentu ini akan menyusahkan anda. 

Cara Kerja  Aplikasi Ecommerce Multi Channel

Penjual di toko online harus senantiasa memantau stok barang supaya tidak terjadi stockout. Cara kerja dari aplikasi ini sangat mudah untuk di pahami. Aplikasi ecommerce multi channel bekerja dengan cara menyimpan data barang yang sudah diambil secara otomatis menggunakan tools curl. Selanjutnya data yang telah diambil tadi, lalu diolah dan di masukkan ke dalam database. Data yang sudah berhasil masuk dipantau dan diolah jika terjadi perubahan. Aplikasi ini juga akan memberikan informasi terupdate jika ada perubahan dalam data e-commerce secara otomatis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *