Keunggulan dan Kelemahan Genteng Metal Pasir

Selain genteng tanah liat konvensional, penggunaan genteng metal pasir banyak diaplikasikan karena berbagai kelebihan dan ketangguhannya. Akan tetapi yang namanya sebuah produk buatan manusia pasti memiliki kelebihan serta kekurangan meskipun dibuat dengan alat canggih. Berikut pembahasan tentang nilai lebih dan kurang dari genteng logam.

Nilai unggul dari penggunaan genteng metal pasir

Sudah pasti peralihan dalam pengaplikasian genteng metal karena alasan nilai unggul dari bahan baku utama pembuatannya. Logam yang keras dinilai lebih unggul dalam berbagi kondisi dan lebih tahan lama. Berikut kelebihan genteng metal pasir yang menjadi dasar penggunaannya yang makin populer:

  • Daya tahan kuat terhadap korosi

Hal ini menjadi alasan penggunaan genteng metal karena terbuat dari logam tahan karat dengan bahan baku seng dan aluminium yang dilapisi cat.

  • Tahan terhadap api

Genteng metal pasir mempunyai keunggulan yakni tidak mudah terbakar dikarenakan bahan pembuatannya ialah logam.

  • Mampu meredam suara dan ramah lingkungan

Dengan lapisan luar berupa pasir, maka dapat meredam kebisingan suara saat hujan. Selain itu juga terbuat dari material ramah lingkungan dan tak berbahaya bagi kesehatan.

Sisi lemah dalam pemakaian genteng metal pasir

Namanya saja sebuah produk, selain kelebihan tentu juga ada kekurangannya. Hal tersebut juga berlaku pada penggunaan genteng logam. Sekalipun terbuat dari bahan baku logam, tetap saja memiliki kelemahan. Agar lebih jelas memahaminya, berikut ulasan tentang kekurangan genteng metal pasir sebagai atap pelindung sebuah bangunan:

  • Kurang handal dalam meredam suhu yang panas

Meskipun menggunakan bahan baku metal atau logam yang sangat tinggi, tetapi kemampuan dalam meredam panas dinilai masih kurang dengan persentase sekitar 70% saja.

  • Daya tahan terhadap tekanan terkadang rentan

Agar genteng metal pasir tetap ringan, ketebalan pada material sekitar 0.20 mm sampai 0,40 mm. Dengan ketebalan ini, membuat genteng sangat rentan terhadap tekanan saat terinjak.

  • Warna pada lapisan mudah mengelupas

Sisi lain dari kelemahan genteng logam yang banyak dikeluhkan adalah warna cat sebagai lapisan terkadang mudah terkelupas, sehingga harus hati-hati dalam pemasangan.

Genteng metal pasir adalah salah satu dari sekian jenis genteng. Sama seperti yang lainnya, genteng metal pasir juga memiliki kelebihan dan kekurangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *