2 Cara Menghitung Bunga Deposito Bank Berjangka

Deposito berjangka adalah penerbitan deposito baik individu maupun lembaga dalam jangka waktu tertentu. Jangka waktu dari deposito jenis ini bervariasi, mulai dari 1-24 bulan. Pencairannya sendiri menggunakan sertifikat deposito. Sementara bunga deposito bank dapat ditarik setiap bulan ataupun setiap jatuh tempo.

Jenis deposito berjangka

Deposito berjangka akan memiliki bunga lebih tinggi dibandingkan dengan deposito tabungan biasa. Bunga bisa diberikan ataupun dimasukkan kembali pada dana pokok deposito untuk periode berikutnya. Periode deposito berjangka juga dapat diperpanjang jika jatuh tempo telah habis.

Deposito berjangka dibagi menjadi dua jenis, yaitu deposito rupiah dan deposito valuta asing (menggunakan mata uang Amerika Serikat atau US Dollar).

Menghitung bunga deposito bank pada deposito berjangka

Bagaimana menghitung bunga deposito 2021 dalam tahun dan bulan? Simak penjelasannya berikut.

  1. Bunga per tahun

Dalam menghitung jumlah suku bunga deposito bank dalam jangka waktu tertentu, dikenal istilah simple interest rate. Jumlah pokok dikalikan dengan suku bunga per tahun (%) dan jangka waktu. Selanjutnya dibagi dengan jumlah hari dalam satu tahun.

I = P x R x T / 365

I = jumlah bunga deposito berjangka (Rp)

P = jumlah pokok deposito (Rp)

R = tingkat bunga tiap tahun (%)

T = jangka waktu deposito (hari)

365 = jumlah hari dalam satu tahun

  1. Bunga yang diambil per bulan

Untuk bunga deposito bank yang diambil tiap bulan, maka perhitungannya adalah suku bunga per tahun (%) dikalikan dengan nominal deposito tiap tahun dikalikan dengan jangka waktu deposito dan dibagi 365 hari.

B = Y x N x T / 365

B = bunga per bulan (Rp)

Y = suku bunga tiap tahun (%)

N = jumlah nominal deposito (Rp)

T = jangka waktu deposito (hari)

365 = jumlah hari dalam satu tahun

Jika bunga deposito bank yang ditawarkan oleh bank, maka nasabah akan tertarik untuk menyimpan uang mereka dan sumber dana bank akan semakin besar. Namun, jika suku bunga deposito yang ditawarkan sedikit, maka nasabah akan kurang tertarik untuk mendepositokan dana mereka pada bank terkait.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *