Berikut 5 Bentuk dan Manfaat Analisa Batas Hutan

Berbicara tentang analisa batas hutan untuk perijinan, artinya selain menyinggung batas-batas kawasan hutan juga membahas ruang lingkup hutan dan perannya dalam kehidupan manusia, hewan maupun tumbuhan. Namun, sebelum itu terdapat bentuk-bentuk pemanfaatan hutan yang sebaiknya perlu andapahami terlebih dahulu. 

Bentuk-bentuk Pemanfaatan Hutan:

  1. Kawasan lindung

Atau hutan lindung, yaitu kawasan yang ditetapkan sebagai pelindung dengan tujuan untuk menjaga alam, menyokong kehidupan meliputi tata air, flora, fauna, mencegah erosi dan meningkatkan kesuburan tanah.

  1. Kawasan suaka alam

Maksudnya, hutan sebagai tempat aman bagi tumbuhan dan hewan, serta mencegah kepunahan mereka yang disebabkan oleh alam maupun ulah manusianya sendiri. Sehingga, diharapkan keberadaan flora dan fauna bisa lebih lama dan berkembang biak sebagaimana mestinya.

  1. Kawasan wisata

Selain untuk menjaga keseimbangan bumi, hutan juga bisa digunakan sebagai tempat wisata alam. Dengan begitu, masyarakat menjadi lebih paham dengan beragam jenis hewan dan tumbuhan yang hidup didalamnya.

  1. Kawasan produksi

Kawasan ini biasanya dimanfaatkan oleh pihak swasta maupun pemerintah secara komersial, yaitu industri dengan bahan baku utamanya kayu hutan. Yang mana proses penebangannya dilakukan secara tebang pilih, serta reboisasi untuk mencegah hutan gundul yang bisa mengakibatkan banjir.

  1. Kawasan edukasi

Melalui hutan anda bisa belajar dan mengenal alam lebih dalam lagi, sekaligus menambah pengalaman belajar karena berada di alam terbuka.

Nah, setelah anda memahami bentuk-bentuk diatas, langkah selanjutnya dalam analisa batas hutan untuk perijinan adalah mengetahui apa saja manfaat yang diberikan hutan bagi kehidupan. Simak detailnya!

Manfaat Hutan Bagi Kehidupan

  1. Membersihkan dan melindungi tanah yang kotor

Pada dasarnya hutan mampu menahan tanah agar tetap pada tempatnya, ditambah lagi hutan melakukan fitoremediasi dengan kata lain membersihkan tanah dari polutan atau logam berat lainnya.

  1. Menghadang angin

Kemampuan hutan untuk memblokir angin tidak diragukan lagi. Asal anda tahu bahwa hutan juga ikut menjaga tanaman-tanaman yang masih kecil. Jika angin tidak terlalu kencang, maka akan memudahkan lebah ketika sedang melakukan penyerbukan.

  1. Mencegah banjir

Contoh mudah yang bisa anda lihat adalah pada daerah yang dekat dengan sungai. Jika di kanan kirinya tertanam banyak pohon maka akar dari pohon tersebut akan membantu menyerap air sebanyak-banyaknya untuk mencegah banjir bandang.

  1. Menyaring udara

Hutan juga akan membantu menyerap udara kotor, semisal mengandung CO2, karbon monoksida, nitrogen dioksida dan sulfur diaksida.

Analisa batas hutan untuk perijinan menambah pemahaman anda terutama perihal batas, bentuk dan manfaat hutan yang bisa kembali menyadarkan banyak orang akan pentingnya hutan bagi kehidupan ini. Sudah seharusnya kita saling bahu membahu menjaga kelestarian hutan, begitu pula flora dan fauna yang ada di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *