Bingung Cara Menagih Pinjaman Agar Tidak Menyinggung? Anda Bisa Coba Beberapa Cara Berikut

Membicarakan tentang pinjaman uang, bisa dibilang merupakan hal yang sensitif dan sulit bagi sebagian besar orang, terutama bagi pihak yang meminjamkan. Sebab, ada kalanya sang peminjam tidak langsung mengembalikan uang yang dipinjamnya.

Situasi ini tentu membuat orang yang meminjamkan menjadi serba salah karena takut hubungan baik yang telah terjalin menjadi rusak.

Perlu diingat, kalau ada orang yang belum membayar pinjamannya karena lupa, belum sanggup atau memang sengaja tidak mau membayar. Cara untuk menghadapi ketiga tipe ini tentu berbeda

  1. Coba Ingatkan Ketika Sedang Berdua Saja

Untuk orang yang kemungkinan lupa dengan pinjamannya, cara yang paling baik adalah dengan mengingatkannya. Namun sebaiknya lakukan ini ketika tidak dalam kondisi ramai.

  1. Mencoba Memahami Situasi dan Coba Tawarkan Solusi

Terkadang, menagih pinjaman memang membutuhkan kesabaran karena bisa saja Anda tidak langsung mendapatkannya. Apabila peminjam masih belum sanggup untuk melunasinya sementara Anda sangat membutuhkannya, Anda bisa coba tawarkan solusi seperti jangka waktu yang sudah disepakati bersama.

  1. Menawarkan Cicilan

Bisa jadi, peminjam masih dalam situasi yang sulit untuk mengembalikan uang. Oleh karena itu, Anda bisa coba menawarkan solusi lain seperti mengembalikannya dengan cara mencicil.

Diskusikan terlebih dahulu mengenai jumlah cicilan yang sanggup dibayarkan peminjam agar tidak terjadi kesalahpahaman nantinya. 

  1. Memberikan Sindiran

Terkadang, Anda bisa saja Menemukan situasi dimana si peminjam tidak mengembalikannya hutangnya dengan sengaja. Hal ini memang menyulitkan tetapi cobalah untuk tetap tidak terpancing emosi.

Jika sudah diajak bicara tetapi pinjaman belum dikembalikan, Anda bisa coba memancingnya dengan memberikan sindiran agar si peminjam sadar bahwa pinjamannya belum dikembalikan.

  1. Meminta Si Peminjam Untuk Membayarkan Anda Ketika Pergi Bersama

Apabila sindiran belum membuatnya tergerak untuk membayar, Anda bisa coba mengingatkannya ketika pergi bersama. Misalnya, mencoba meminta si peminjam untuk membayarkan makanan yang Anda beli karena uang Anda ada padanya.

  1. Membuat Surat Perjanjian

Jika peminjam mengatakan masih belum bisa mengembalikan pinjamannya, Anda bisa coba membuat surat perjanjian yang ditandatangani di atas materai bersama. Hal ini dilakukan agar si peminjam sadar bahwa ini merupakan hal yang serius dan perlu dipenuhi segera.

  1. Berbicara Melalui Teman Dekatnya

Jika sudah beragam upaya yang Anda lakukan sendiri belum membuahkan hasil, ada baiknya Anda mencoba meminta bantuan orang lain. Salah satu orang yang bisa Anda coba mintai bantuan adalah teman dekat peminjam.

Anda bisa menceritakan situasi Anda yang juga membutuhkan uang dan meminta tolong padanya untuk bicara dengan si peminjam agar segera mengembalikan uang Anda.

Itulah beberapa cara menagih pinjaman yang belum dikembalikan yang bisa Anda coba. Cara mana yang akan Anda coba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *