Ingin Ikut Pendaftaran Sekolah? Ini Syaratnya

Setiap tahunnya, para orang tua kerap kali disibukkan dengan mengurus pendaftaran masuk sekolah terutama untuk mereka yang memang masuk ke jenjang sekolah berikutnya. Hal ini disebabkan untuk bisa mendaftarkan diri ke sekolah  tentunya tiak bisa asal – asalan. Ada beragam prosedur yang perlu Anda penuhi beserta syarat dan ketentuan yang berlaku, terutama untuk Anda yang ingin menyekolahkan anak Anda di sekolah negeri milik pemerintah. Nah, sehubungan dengan syarat dan ketentuan, kali ini Saya ingin membahas mengenai beberapa hal yang menjadi persyaratan pendaftaran masuk sekolah di sekolah negeri. Selamat menyimak ya!

Persyaratan Masuk SD

Pertama, jenjang sekolah yang dalam pendafataran masuknya memerlukan prosedur dan syarat yang ketat adalah sekolah SD> nah, beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi antara lain  sebagai berikut :

  • Calon siswa yang hendak didaftarkan kelas 1 SD setidaknya diprioritaskan untuk mereka yang usianya 7 tahun atau minimal paling tidak 6 tahun pada tanggal 1 Juli di tahun yang berjalan yang mana dibuktikan dengan surat rekomendasi.
  • Terdapat 2 jenis pendaftaran yaitu zonasi dengan total peserta 70% dan afirmasi dengan total 30%.

Persyaratan Masuk SMP

Kedua, Saya akan membahas mengenai beberapa persyaratan yang diperlukan untuk masuk ke sekolah menegah pertama (SMP). Berikut adalah diantaranya:

  • Berulang tahun ke 15 di tanggal 1 Juli tahun yang sedang berjalan tersebut.
  • Siswa telah sukses menyelesaikan jenjang SD atau jenjang yang sederajat dengan SD, yang mana hal ini dibuktikan dengan menggunakan ijazah atau dokumen pendukung lain yang bisa membuktikan kelulusan Anda.
  • Memberikan lampiran berupa akta kelahiran atau semacam surat keterangan laporan yang menyatakan kelahiran anak Anda yang mana disetujui oleh pihak yang memiliki wewenang.
  • Siswa tercatat di dalam kartu keluarga yang mana kartu keluarga sudah diterbitkan setidaknya paling cepat 1 tahun sebelum mengikuti pendaftaran masuk sekolah tersebut.

Persyaratan Masuk SMA/SMK

Terakhir, untuk persyaratan masuk SMA/SMK adalah sebagai berikut :

  • Memiliki usia maksimal 21 tahun pada tanggal 1 juli di tahun berjalan
  • Telah selesai menuntaskan pendidikan jenjang SMP atau jenjang yang sederajat yang mana bisa dibuktikan melalui ijazah kelulusan atau dokumen penting lain yang memiliki fungsi membuktikan kelulusan tersebut.
  • Melampirkan surat keterangan lahir/ akte kelahiran / surat keteranganapapun yang bisa membuktikan kelahiran anak dan dikeluarkan oleh pihak yang memiliki wewenang.
  • Tercantum pada kartu keluarga yang mana suda diterbitkan setidaknya 1 tahun sebelum melakukan pendaftaran sekolah.

Nah, itu dia beberapa informasi mengenai persyaratan dalam pendaftaran masuk sekolah. Semoga dengan sedikit ulasan ini bisa membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *