Tips Mencari Pinjaman Uang yang Aman

Tak dapat dipungkiri, mungkin suatu saat ada keperluan yang mendadak, sedangkan kondisi keuangan sedang kosong. Maka mau tak mau harus mencari pinjaman uang. Namun jangan sembarangan meminjam uang, apalagi kini tengah marak fenomena pinjol (pinjaman online) ilegal yang menjerat dan menipu para korbannya. Bisa jadi bukan solusi tapi justru hanya akan menambah masalah baru saja. Beberapa korbannya bahkan belum sempat menggunakan uang pinjaman tersebut namun sudah ditagih dan diminta melunasi atau mencicilnya. Berikut ini tips untuk mencari pinjaman uang yang aman.

Hindari Pinjaman Online Ilegal

Tanda pinjaman online ilegal yang harus dihindari itu antara lain ialah sebagai berikut.

Suku bunga yang tinggi, namun dikemas seolah-olah ringan. Hitung dengan cermat.

Fee yang besar. Jangan mau membayar uang dengan alasan supaya pinjaman cair.

Menerapkan denda yang tidak terbatas

Menagih dengan teror dan intimidasi.

Sehingga sebaiknya tak pernah meminjam kepada pinjaman online seperti itu sama sekali. Jangan pernah juga klik dan tergiur dengan iklannya. Meski menjanjikan pinjaman online cepat cair.

Cek ke OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Selalu cek dulu ke kontak OJK di nomor 157 atau WhatsApp 081-157-157-157 sebelum memutuskan untuk meminjam uang. Pinjaman online terpercaya yang aman ialah yang telah terdaftar di OJK.

Pelajari dengan Cermat Syarat dan Ketentuannya

Tiap pemberi pinjaman memiliki aturannya masing-masing. Pilih yang transparan dan pelajari dengan teliti seluruh aturan dan persyaratannya. Pahami dengan benar, jangan sampai terjebak. Tanyakan serinci dan selengkap mungkin. Hindari biaya tambahan tersembunyi seperti fee atau potongan, dan denda tambahan yang merugikan. Pilih aturan yang paling menguntungkan dan jelas, transparan. Selalu minta simulasi cicilannya.

Cari Pinjaman dengan Bunga Rendah

Jangan pernah tergiur dengan pinjaman cepat dan mudah namun berbunga tinggi. Suku bunga yang wajar ialah dibawah 2%. Cari suku bunga pinjaman yang terendah, serendah-rendahnya.

Pilih Tenor Sependek Mungkin

Meski tersedia tenor jangka waktu pinjaman yang panjang, namun selalu pilih jangka waktu tenor pinjaman sependek mungkin, karena bunganya yang besar. Semakin panjang jangka waktu pinjamannya maka akan semakin besar biaya bunga yang harus dibayar. Segera lunasi pinjaman sesegera mungkin, apalagi jika pinjaman itu untuk keperluan konsumtif. Termasuk jika memiliki tagihan dari kredit card, usahakan untuk secepatnya melunasinya.

Pinjam Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan

Plafon pinjaman tiap orang bisa berbeda-beda. Jangan tergiur untuk meminjam melebihi kebutuhan hanya karena tergiur dengan plafon pinjaman yang tinggi. Dibalik pinjaman itu menanti bunga yang sangat tinggi yang harus dibayar dan bisa menimbulkan masalah jika terlambat membayarnya.

Bayar Cicilan dan Lunasi Tepat Waktu

Jangan sampai menunggak pembayaran. Selalu bayar cicilan secara tepat waktu agar hutang tidak menumpuk. Usahakan untuk melunasinya secepatnya agar segera terbebas dari hutang. Kecuali ada denda yang dikenakan jika melakukan percepatan pelunasan hutang. 

Itulah antara lain tips untuk pinjam uang secara aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *