Bunga Bank, Pengertian dan Jenis-jenisnya

Di dunia perbankan terdapat sebuah istilah bunga bank yang sangat familiar terdengar oleh telinga masyarakat. Terutama oleh para orang yang terdaftar sebagai nasabah di suatu bank.

Pemahaman bunga bank sangatlah penting, untuk kesiapan seseorang sebelum memutuskan menyimpan maupun melakukan pinjaman di sebuah bank. Serta pada saat akan membeli produk dengan sistem kredit yang diselenggarakan bank.

Macam-macam Bunga Bank

Pada dasarnya, dalam perbankan, dikenal dua jenis bunga. Yaitu bunga bank simpanan dan bunga bank pinjaman.

Bunga Simpanan

Bunga simpanan bisa diartikan balas jasa dari suatu bank yang diberikan kepada para nasabah karena mereka telah menyimpan uangnya di bank tersebut.

Bunga Pinjaman

Adapun bunga pinjaman merupakan bunga yang ditetapkan bank (sebagai balas jasa) kepada para nasabah yang mengajukan peminjaman.

Dalam membahas bunga bank, akan selalu terkait pada pembahasan suku bunga. Hal yang juga penting dalam dunia perbankan. Suku bunga terdapat berbagai jenis. Simak berikutnya.

Jenis-jenis Suku Bunga Bank

  • Suku Bunga Bank Tetap (fixed)

Suku bunga tetap atau sering juga disebut fixed merupakan suku bunga yang sifatnya tetap. Hingga jangka waktu yang ditentukan tidak terjadi kenaikan atau penurunan angka.

Suku bunga jenis ini kerap ada pada produk rumah murah atau rumah bersubsidi. Selain itu, bunga ini juga ada pada kredit kendaraan.

  • Suku Bunga Mengambang/Floating

Suku bunga jenis ini, cara menentukan besarannya berdasarkan suku bunga di pasaran alias angka tidak tetap. Jika terjadi kenaikan di pasaran, maka suku bunga bank juga ikut naik. Dan sebaliknya, akan turun mengikuti penurunan yang terjadi di pasaran.

  • Suku Bunga Flat

Jenis suku bunga ini, jenis yang cara menghitungnya mengacu kepada jumlah pokok pinjaman, pada awal di setiap periode cicilan. Di antara jenis bunga lainnya, jenis suku bunga flat termasuk yang paling mudah dari segi menghitungnya.

Jenis suku bunga bank ini umumnya dipilih untuk pembelian produk secara kredit dengan tempo yang pendek. Seperti produk handphone, alat rumah tangga, sepeda motor, dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *