Ini Dia Perbedaan Deposito Dan Tabungan Yang Perlu Anda Ketahui

Tabungan dan deposito adalah produk perbankan yang dapat dipilih masyarakat jika ingin menyimpan uang. Tetapi kedua produk ini tidak sama. Nah, untuk anda yang ingin mengetahui apa-apa saja perbedaan deposito dan tabungan, yuk simak ulasannya berikut ini.

Fleksibilitas Pengambilan Uang

Nah, seperti yang diketahui bahwa anda bisa mengambil dana melalui rekening tabungan yang anda miliki kapan saja. Tentunya hal ini telah menjadi pembeda antara tabungan dan deposito. Karena ketika anda ingin menyimpan uang ke dalam deposito, maka anda tak bisa secara sembarangan mengambil hingga membelanjakan uang tersebut sampai tibanya masa jatuh tempo. 

Untuk itu, pahami dengan baik jika uang yang tersimpan ke dalam deposito tidak dapat dicairkan seenaknya saja, namun terdapat jangka waktu tertentu yang perlu dilewati sampai jatuh tempo, baru kemudian uang yang anda miliki bisa digunakan.

Buku Tabungan dan Bilyet 

Untuk anda yang ingin membuka rekening tabungan, maka anda nantinya akan menerima buku dengan fasilitas kartu ATM atau kartu debit sebagai bukti jika anda mempunyai tabungan di bank. Tidak hanya itu saja, anda juga dapat membuka rekening tabungan hanya dengan modal yang ringan saja, yaitu dari mulai Rp100.000. Kemudian anda pun dapat menggunakan uang yang memang tersimpan ke dalam rekening tersebut yang digunakan untuk berbagai transaksi. 

Tentunya hal ini akan berbeda ketika anda ingin membuka deposito. Ketika membuka produk deposito, maka anda akan memperoleh tanda bukti yang berupa bilyet deposito. Yang jelas bilyet ini adalah bukti kepemilikan jika anda sebagai pemilik dana yang menyimpan dana ke dalam bentuk produk dari deposito bank. 

Namun kini dengan adanya kemajuan teknologi yang ada, tentunya anda dapat membuat deposito dengan mudah secara online dan bisa memperoleh bukti bilyet deposito berbentuk digital yang akan dikirimkan ke email anda. 

Tabungan untuk Menabung, Deposito untuk Investasi

Tahukah anda bahwa bunga deposito yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan bunga tabungan telah menjadikan deposito ini sebagai pilihan produk investasi. Deposito adalah produk investasi yang cukup minim risikonya. Tetapi juga dari segi suku bunganya pun yang paling kecil jika dibandingkan dengan produk investasi lainnya, misalnya obligasi, saham, dan reksa dana. 

Masyarakat umumnya menggunakan deposito ini sebagai pilihan investasi dalam menyimpan dana darurat hingga dana pendidikan karena deposito mempunyai risiko investasi yang cukup rendah serta mudah dipahami daripada saham, obligasi, ataupun reksa dana. 

Untuk anda yang masih awam mengenai investasi, tentu saja deposito dapat dijadikan sebagai langkah awal untuk investasi anda. Begitu pula untuk anda yang telah mahir berinvestasi, maka deposito juga dapat dipilih sebagai diversifikasi dari produk investasi untuk meminimalisir risiko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *