Wajib Tahu! Tips Memilih P2P Terbaik di Indonesia

Semakin canggihnya teknologi, semakin memudahkan masyarakat dalam menjalani kehidupan. Seiring perkembangan teknologi yang dapat dengan mudah menyerap informasi, berpengaruh besar kepada gaya hidup masyarakat, terlebih pada bidang keuangan, contohnya P2P lending.

Maraknya bisnis P2P lending

Perusahaan P2P hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang kebanyakan bermudah-mudah dalam melakukan pinjaman online.

Ini memberi peluang besar kepada mereka yang memiliki cukup uang untuk melakukan investasi dengan keuntungan yang cukup menggiurkan.

Berperan sebagai perantara antara investor dan peminjam (borrower), yang akan melakukan perjanjian transaksi pinjaman di antara keduanya. 

Keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaan P2P lending dan investor, diperoleh dari besaran bunga dan pokok pinjaman yang dibayarkan setiap bulannya.

Jika si peminjam mengalami kendala pembayaran di tengah jalan, wajib untuk membayarkan biaya denda yang kemudian menjadi keuntungan lagi bagi investor dan perusahaan P2P lending. 

Tertarik untuk berinvestasi di perusahaan P2P lending? Perhatikan Tips di bawah ini dalam memilih perusahaan P2P terbaik. 

  1. Cermati terlebih dahulu risiko kredit

Jangan hanya tergiur keuntungan yang tinggi, tapi juga pertimbangkan risiko yang bisa saja terjadi. Umumnya kejadian yang memberi dampak buruk bagi investor adalah keterlambatan pembayaran dari si peminjam. 

Jadi, cermati terlebih dahulu sistem kerja yang terdapat pada perusahaan P2P lending tersebut. Pastikan mereka memiliki sistem yang akan menjamin keamanan dana Anda meski mengalami kendala gagal bayar dari borrower.

  1. Kenali terlebih dahulu perusahaan P2P lending-nya

Bagi yang sudah mantap ingin berinvestasi di P2P lending, pastikan untuk memilih perusahaan yang memiliki track record baik.

Baiknya cari tahu terlebih dahulu mengenai perusahaan tersebut, kepada mereka yang sudah bergabung terlebih dahulu.

Atau, jangan segan untuk mencari tahu tentang laporan keuangan mereka, sehingga Anda bisa memastikan sendiri, apakah perusahaan tersebut memiliki reputasi yang baik dalam kinerjanya, atau tidak.

  1. Diskusikan terlebih dahulu mengenai mitigasi risiko

Perusahaan P2P lending yang profesional, akan menyediakan informasi mengenai mitigasi risiko jika terjadi hal-hal yang tidak sesuai keinginan. 

P2P lending yang baik, bisa dipastikan sudah terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan dipandu oleh tim yang sudah berpengalaman dalam bidang keuangan, sehingga mereka sudah terbiasa mengelola pendanaan. 

P2P lending yang terpercaya, akan memberikan data yang transparan. Seperti statistik yang memungkinkan Anda, untuk bisa menganalisis jumlah keuangan yang sudah disalurkan dan tingkat keberhasilan pembayaran dari borrower dapat mencapai 100%.

  1. Pilih sesuai kebutuhan

Tentukan terlebih dahulu dana investasi yang akan dikeluarkan, kemudian sesuaikan dengan apa yang menjadi kebutuhan. Dengan memperhatikan hal tersebut, akan memberi jawaban bagi Anda mengenai tujuan melakukan investasi tersebut. 

Setelah mengetahui tips di atas, semoga bisa memudahkan Anda dalam mencari perusahaan P2P lending yang sesuai dengan keinginan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *