Benda Yang Dulunya Sakral Kini Jadi Aksesoris Umum

Benda Sakral - Taring Babi Hutan

Segelintir orang yang tinggal di desa pedalaman masih lekat dengan tradisi adat dan sangatlah menghormati benda-benda yang dianggap sakral. Benda-benda yang diyakini menganung mistik tersebut seringkali dihargai dengan mahar yang sangat mahal, bahkan terkadang memerlukan cara khusus untuk memiliki atau memindah tangankannya seperti ritual atau syarat khusus.

Akan tetapi, semakin majunya perkembangan jaman, sedikit demi sedikit tradisi mengkramatkan benda-benda sakral mulai ditinggalkan. Ada beberapa benda yang saat ini bisa dimiliki oleh semua orang tanpa harus melakukan ritual atau menjalani syarat untuk memilikinya. Beberapa benda tersebut bisa Anda lihat dibawah ini.

Taring Babi Hutan

Taring babi hutan adalah salah satu benda yang sering digunakan oleh beberapa tokoh dari suku yang ada di Indonesia khususnya kalimantan. Taring yang sudah melingkar adalah jenis taring yang paling sering dipakai oleh tokoh adat seperti untuk dijadikan gelang lengan, kaki, dan aksesoris lainnya.

Saat ini, taring babi telah digunakan oleh banyak orang biasa sebagai aksesoris pelengkap, tentu saja taring yang dijual bebas bukanlah taring yang sama persis dengan yang digunakan oleh tokoh adat. Meskipun sama-sama asli, namun jika diperhatikan ada perbedaan yang sangat jelas.

Perbedaan Taring Babi
Perbedaan Taring Babi Tokoh Adat Dan Taring Babi Biasa

Taring babi yang dijual bebas seperti di lapak ini adalah taring babi hutan biasa, sedangkan taring babi yang digunakan oleh tokoh adat adalah taring raja babi yang sudah sangat tua dan memiliki bentuk yang melingkar.

Taring Macan

Selain taring babi, ternyata taring macan asli kini sudah bukan lagi benda yang sakral. Ada banyak penjual taring macan atau harimau di internet yang bisa ditemukan, walau tidak mudah.

Meskipun taring macan sangat terlarang untuk diperjual belikan karena dapat mengancam keselamatan dan kelangsungan hidup harimau, namun ada saja oknum yang melakukannya. Hal ini disebabkan karena menjamurnya jual beli online. Sekarang taring macan atau harimau sudah bukan lagi menjadi benda yang langka.

Liontin Taring Macan
Liontin Replika Taring Macan

Orang-orang dikota besar kini banyak yang menggunakan taring harimau sebagai aksesoris atau untuk kebutuhan khusus. Tapi, tidak semua yang digunakan orang kota adalah taring asli, akan tetapi taring replika / palsu yang mirip dengan aslinya.

Kulit Macan

Kulit macan adalah benda yang sangat jarang untuk dilihat orang umum karena memang yang memilikinya hanya untuk disimpan didalam dompet atau sabuk.

Benda yang satu ini memang sangat terkenal sakralnya, bahkan ditelevisi (film-film pendekar) seringkali menampilkan adegan yang memuat kulit macan sebagai aksesoris misalnya gelang atau sabuk

Gelang Kulit Macan
Gelang Kulit Macan

Perlu dicatat, meskipun banyak yang menjual kulit macan asli, tapi tidak sedikit oknum memalsukannya dengan bahan yang menyerupai kulit asli. Untuk bisa membedakan mana yang asli atau palsu, cara paling mudahnya adalah dengan melihat lembaran kulitnya sebelum dibuat aksesoris.

Itulah beberapa benda sakral yang saat ini sudah sangat banyak digunakan oleh orang umum. Saking banyaknya orang yang ingin tampil mencolok dengan mengenakan benda-benda sakral, beberapa pengerajin aksesoris dapat mencari keuntungan dengan membuat replika yang bisa dibilang 98% mirip aslinya. Tentu saja hal ini bisa membuat semua orang bisa memiliki benda-benda sakral diatas dengan membeli di lapak-lapak para pengrajin atau penjual aksesoris di internet.

* Artikel ini ditulis atas opini admin ANTIK.WEB.ID pribadi. Jika ada kesalahan kata, arti dan ejaan mohon untuk mengkoreksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *