Kerajinan Tangan Yang Dibuat Dari Selongsong Peluru Bekas

Selongsong Peluru Bekas

Tak menjadi rongsokan, ternyata selongsong peluru bekas ditangan orang kreatif bisa disulap menjadi beragam aksesoris yang unik dan menarik seperti gelang, cincin, bahkan sabuk / gesper. Selongsong peluru bekas yang sudah tidak lagi terpakai dan telah diolah menjadi kerajinan tangan yang unik juga sangat cocok untuk souvenir.

Di artikel ini, saya selaku admin ANTIK.WEB.ID ingin memberikan referensi agar dapat mengolah selongsong peluru bekas menjadi cindera mata atau aksesoris yang memiliki nilai jual cukup lumayan. Berikut ini adalah beberapa contoh dari hasil karya buatan yang menggunakan selongsong peluru bekas sebagai bahannya.

Kalung

Pada umumnya selongsong peluru terbuat dari bahan logam kuningan bercampur tembaga yang tidak begitu keras. Anda bisa melubangi bagian perut bawah selongsong menggunakan paku baja atau dengan bor berukuran kecil. Hal ini dilakukan agar liontin terlihat lebih berharga daripada mengikatnya.

Kalung Selongsong Peluru Bekas
Kalung Selongsong Peluru

Saya sendiri pernah beberapa kali melubangi selongsong peluru bekas menggunakan paku baja dan itu bisa dibilang gampang-gampang susah. Susahnya adalah memegang selongsong tersebut karena berukuran kecil dan bulat. Tetapi, jika sudah berlubang sedikit saja, lubang tersebut bisa dengan mudah diperbesar menggunakan ujung gunting. Cukup memasukkan salah satu ujung gunting dan mengorek-ngorek ke kanan dan kiri untuk memperbesar lubangnya. Dan inilah hasil yang saya dapatkan saat melubangi selongsong peluru.

Liontin Selongsong Peluru Bekas
Liontin Selongsong Peluru

Namun, jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk membuat liontin kalung dari peluru bekas, Anda bisa langsung membelinya disini dengan harga yang terbilang murah.

Cincin

Kerajinan tangan lain yang lebih sulit adalah membuat cincin menggunakan selongsong peluru bekas. Meski tidak mudah dibuat dengan peralatan sederhana, namun masih bisa di akali dengan perkakas seperti gergaji besi, palu, tang, dan penjepit / ragum.

Karena saya belum pernah mencoba membuat yang satu ini, jadi saya tidak bisa memjabarkan proses pembuatannya. Akan tetapi, Anda bisa melihat hasilnya seperti pada gambar dibawah ini.

Cincin Selongsong Peluru Bekas
Cincin Selongsong Peluru

Bagian bawah yang biasanya bertiliskan ukuran kaliber dan merek dari peluru tersebut berasal, dijadikan kepala cincin / menghadap keluar. Dan apabila Anda ingin cincin terlihat mewah, bisa menyisipkan aksesorisa lain (misalnya batu cincin kecil) dibagian tengah.

Cincin Selongsong Peluru Bekas
Cincin Selongsong Peluru

Tentu saja untuk membuatnya menjadi seperti itu tidak semua orang bisa, dan jika Anda mampu membuatnya, tentu saja tangan Anda bisa dibilang kreatif. Meski terlihat mudah untuk ditiru, namun tidak mudah dibuat.

Anting

Membuat anting dari bahan peluru bekas tidak begitu sulit, cukup dengan memotong bagian belakang peluru dan menempelkannya pada anting jarum (anting dasar untuk kerajinan tangan) dan akan menghasilkan seperti dibawah ini.

Anting Selongsong Peluru Bekas
Anting Selongsong Peluru

Bagaimana hasilnya menurut Anda?

Gelang

Kalau membuat anting hanya memanfaatkan bagian belakang selongsong, nah sebaliknya, untuk membuat gelang Anda hanya memerlukan bagian tengahnya (bada peluru) yang kemudian dikaitkan satu sama lain dengan tali sesuai keinginan Anda.

Gelang Selongsong Peluru Bekas
Gelang Selongsong Peluru

Rantai Dompet

Wallet chain atau rantai dompet adalah aksesoris pria trendy masa kini yang bisa menjadi benda fashion sekaligus keamanan. Membuat rantai dompet dengan selongsong peluru sama seperti membuat anting, hanya saja kita perlu bahan kawat besi / stainless yang dibelitkan pada bagian buntut peluru.

Rantai Dompet Selongsong Peluru Bekas
Rantai Dompet Selongsong Peluru

Gantungan Kunci

Tidak juah berbeda dengan membuat liontin, cara membuat gantungan kunci / key chain cukup sederhana. Anda bisa melakukan cara yang sama seperti membuat liontin kalung dari selongsong peluru diatas.

Gantungan Kunci Selongsong Peluru
Gantungan Kunci Selongsong Peluru

Dengan melubangi bagian perut bawah peluru, maka peluru siap untuk dijadikan gantungan kunci.

Dream Catcher

Menurut mitos etnik Indian di Amerika, Dream Catcher adalah benda yang dapat membuat seseorang yang melihatnya sebelum tidur akan membuat orang tersebut mendapat mimpi indah, atau bisa diartikan sebagai penangkal mimpi buruk.

Dream Catcher Selongsong Peluru
Dream Catcher Selongsong

Kebanyakan dream catcher terbuat dari bulu ayam atau angsa, namun tetap bisa dibuat dengan benda apapun sesuai dengan selera pemiliknya.

Bingkai Foto

Menghias bingkai foto tidak hanya dengan benda-benda yang umum, Anda juga dapat menggunakan selongsong peluru bekas sebagai pernak pernik bingkai foto, hiasan dinding, atau jam dinding. Dengan begitu, nilai komersil dari bingkai foto tersebut pasti akan lebih tinggi daripada hiasan pernak pernik biasa.

Bingkai Foto Selongsong Peluru Bekas
Bingkai Foto Selongsong Peluru

Untuk mendapatkan selongsong peluru yang cukup banyak seperti gambar diatas, Anda bisa membelinya disini.

Sabuk Selongsong Peluru / Bullet Belt

Bagi komunitas punk dan underground, selongsong peluru adalah benda yang bisa dibilang meningkatkan kemaksimalan dalam bergaya. Sabuk peluru bekas menjadi salah satu aksesoris khas dari komunitas punk atau underground di dunia.

Gesper Selongsong Peluru Bekas
Gesper Selongsong Peluru Bekas

Jangan heran jika band underground dan punk populer era 80-an dan 90-an banyak yang menggunakan sabuk peluru sebagai aksesoris mereka sebab, sejak dahulu memang dua komunitas tersebut menjadikan bullet belt sebagai aksesoris.

Mayhem Band
Mayhem – Black Metal Band

Kreatif memang tidak ada batasnya, bahkan dari benda-benda yang tidak lagi berguna bisa menjadi aksesoris yang memiliki nilai jual. Sayangnya, bahan baku atau selongsong peluru bekas sendiri tidak mudah didapat. Bukan berarti tidak ada yang menjualnya, contohnya dilapak ini yang menjual selongsong peluru bekas.

Apabila Anda tertarik membuat aksesoris atau souvenir menggunakan selongsong peluru bekas, Anda bisa mencontoh dari beberapa kerajinan tangan diatas, dan saya jamin orang disekitar akan terpesona saat melihatnya sebab tidak semua orang bisa mendapatkan selongsong peluru apa lagi menjadikannya aksesoris yang fashionable.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *